Ads 468x60px

Sabtu, Agustus 15

10 LANGKAH MENUJU KESUKSESAN

Kesuksesan bukan hanya sebatas nasib mujur. Ia juga bukan bersifat genetik yang sudah kita bawa sejak lahir. Kesuksesan merupakan pilihan. Oleh karena itu, ia hanya akan berpihak kepada orang-orang yang tekun.

Mereka inilah orang-orang yang bersemangat besar untuk mewujudkan impiannya menjadi kenyataan. Sikap seperti inilah yang di yakini oleh Rick Bennito, salah satu pelatih bola basket paling populer di Amerika. Dia meringkas kunci kesuksesan yang telah dia dapatkan dalam beberapa untaian kata berikut ini :

Mencapai target semaksimal mungkin dengan melihat berbagai tujuan yang lebih besar dan mengerahkan usaha yang lebih banyak.

Dalam kehidupan sehari-hari, kita menemukan sejumlah orang yang mendapatkan gaji besar dari pekerjaan yang mereka geluti. Untuk pertama kali, kita mungkin menduga kalau kesuksesan dan keberhasilan menggayuti mereka dengan mudah. Alasannya, mereka mempunyai keahlian yang lebih sehingga bagaimanapun usaha yang kita lakukan tidak mungkin pernah bisa menyamai level mereka.

Namun, dugaan itu sama sekali tidak tepat. Kita tidak pernah melihat rentetan perjuangan yang telah mereka lalui. Kita hanya melihat hasilnya, tanpa melihat proses lahirnya hasil tersebut. Padahal mereka telah membayar mahal kesuksesan itu melalui proses yang melelahkan. Mengerahkan usaha maksimal adalah padanan dari upaya merealisasikan tujuan. Adapun piranti yang dibutuhkan yaitu manajemen yang baik, motif yang positif, dan rencana untuk bertindak. Rick Bennito, penulis buku Succes is Choice, menawarkan sejumlah cara yang telah terbukti ampuh mengantarkan dirinya dan tim bola basketnya menempati rating tertinggi di Amerika.

Melalui Program Sepuluh Langkah, Rick Bennito, memberi Anda sejumlah tips untuk mewujudkan kesuksesan luar biasa dalam kehidupan pribadi.

Dengan program ini, Anda akan mengetahui kiat-kiat menjadi insan yang lebih produktif jika ingin mendapatkan gaji tertnggi. Dia juga memberitahukan tentang metode mengembangkan diri dan mengarahkan berbagai kecenderungan positif Anda untuk mencapai tujuan. Ingat, kegelisahan dan kekhawatiran dalam hidup dapat berubah menjadi keistimewaan dan nasib baik yang bisa Anda manfaatkan. Keduanya merupakan langkah dalam menghadapi segala rintangan yang menghadang.

Marilah kita mempelajari sepuluh langkah itu dengan lebih detail :

1. Membangun Jati Diri.
Cara ini merupakan jalan untuk membentuk citra diri sendiri. Dengan demikian, Anda telah memahami diri Anda sendiri ketika berdiri di depan cermin. Seseorang yang mengetahui diri sendiri akan memberikan banyak hal untuk dirinya. Dia akan membuat sejumlah tujuan jangka panjang dan mendorong dirinya untuk mewujudkan semua tujuan itu. Dialah sosok yang benar-benar bisa diandalkan dalam menjalankan berbagai proyek demi mewujudkan hasil maksimal.

2. Tentukan Tujuan.
Tujuan Anda adalah ungkapan impian Anda. Namun, janganlah berlebih-lebihan dalam menentukan tujuan yang tidak realistis. Apabila sesekali Anda tergelincir, akuilah kelemahan Anda dan buatlah rencana jangka pendek yang bisa mengantarkan Anda pada tujuan itu. Tetapi, janganlah merasa puas dengan sejumlah kesuksesan yang sifatnya kecil.
Manfaatkanlah kesuksesan kecil itu untuk melahirkan berbagai kesuksesan yang jauh lebih besar lagi.

3. Berfikir Positif.
Pekerjaan yang besar tanpa dibarengi dengan pikiran positif dan akal yang sehat tidak akan pernah menghasilkan sesuatu apapun. Berbagai macam kegagalan bisa saja mengepung kita dari berbagai arah. Tidak jarang muncul pengaruh yang datang dari teman ataupun keluarga dekat. Anda harus mempelajari cara yang jitu agar bisa menyikapi sejumlah pengaruh negatif itu, sehingga tidak mempengaruhi kesuksesan Anda.

4. Ciptakan Berbagai Kebiasaan yang Baik.
Kita semua terbiasa melakukan sejumlah perbuatan yang diperoleh dari kehidupan selama ini. Namun, kita biasanya tidak berpikir apakah perbuatan yang telah menjadi kebiasaan ini baik atau tidak. Pada saat itulah kita telah tertipu karena telah mengembangkan kebiasaan yang belum tentu baik bagi diri kita. Apabila kebiasaan-kebiasaan itu diulang, maka ia akan mengakar dan menjadi bagian dari kepribadian Anda.

5. Mengetahui Seni Berkomunikasi.
Keahlian dalam berkomunikasi sangatlah penting. Akan tetapi hal tersebut biasanya dimulai dari banyak mendengar.
Kemampuan berkomunikasi dengan orang lain dalam kehidupan sehari-hari bisa membentuk hubungan jangka panjang. Kita dapat mengembangkan keterampilan berkomunikasi dengan banyak mendengarkan orang lain dan sedikit bicara.

6. Mengambil Pelajaran Dari Pengalaman Orang Lain.
Seseorang tidak hana belajar dari pengalamannya sendiri, tetapi juga dari pengalaman orang lain. Pengalaman orang lain merupakan penunjuk jalan. Ia bisa berasal dari teman setia ataupun dari salah seorang anggota keluarga. Bukan hanya pengalaman baik saja yang kita pelajari, tetapi juga kesalahannya.

7. Lalui tekanan dan Kekhawatiran.
Kita semua pasti merasakan tekanan dalam setiap fase kehidupan. Oleh karena itu, kita harus bisa menyikapinya dengan bijak supaya dapat mengatasinya. Langkah pertama yang mesti kita lakukan ialah mengetahui berbagai faktor tekanan itu. Setelah mengetahuinya, kemungkinan hal tersebut tidak akan menimbulkan kekhawatiran yang bisa menghalangi usaha ataupun memperlemah kinerja kita.

8. Berpegang teguh pada tujuan.
Satu-satunya yang akan menentukan kesuksesan atau kegagalan Anda adalah kemampuan dalam berpegang teguh dan berketetapan hati pada tujuan. Karena ketetapan hatilah yang mampu mencetak orang-orang sukses.
Anda harus benar-benar waspada ketika menghadapi berbagai situasi yang menghimpit. Solusinya adalah bekerja dengan giat dan bersikap fleksibel. Dengan cara ini, Anda bisa mengganti sejumlah konsep yang telah Anda tentukan sesuai dengan situasi dan kondisi yang ada.

9. Belajar Dari Cobaan.
Meskipun seseorang dapat bersikap tegar dalam menghadapi kerasnya badai kehidupan, bagaimanapun dia tetap manusia yang tetap akan terpengaruh oleh cobaan yang telah menimpanya. Lantas, bagaimanakah kita harus berinteraksi dan belajar dari kerasnya cobaan?Apabila Anda mengalami cobaan berupa kegagalan pada suatu hal, maka bertanyalah pada diri sendiri. “Mengapa terjadi seperti ini?” analisa kembali tujuan Anda dengan baik dan jangan marah ketika menerima celaan serta kritikan yang datang.

10.Peliharalah Kesuksesan Anda.
Mewujudkan kesuksesan merupakan proses tanpa akhir. Berbagai sarana yang Anda gunakan untuk mencapai kesuksesan harus menjadi bagian dari hidup. Jika tidak, maka Anda akan kembali pada kebiasaan buruk. Kalau sudah seperti itu, Anda membutuhkan waktu yang tidak sedikit mengubahnya.

Bennito mengungkapkan, apa yang terjadi pada tim bola basketnya mungkin akan mempengaruhi karier dan kehidupannya. Namun setelah mempelajari sepuluh langkah di atas dengan teliti, Anda harus memilih dua hal berikut :
Pertama, Anda menjadi orang yang senantiasa sukses, baik di bidang karier maupun kehidupan pribadi.
Kedua, Anda merasa puas dengan apa yang telah dicapai dan membiarkan posisi Anda kosong untuk ditempati orang yang lebih cepat.

0 komentar:

Poskan Komentar