Ads 468x60px

Selasa, Juli 14

INFORMASI TEKNIS TENTANG SCREW

Nah tulisan saya kali ini sedikit mengulas mengenai salah satu item yang tergolong kedalam fastener, yaitu sekrup/screw. Saya coba merangkumkan beberapa informasi yang terkait dengan judul yang saya buat.
Dalam mengerjakan beberapa kali project, sering kali saya di hadapkan pada item-item yang tergolong kedalam item fastener. Dari pengertian kamus, fastener bila di artikan kedalam bahasa indonesia adalah alat yang di gunakan untuk mengunci atau definisi saya alat untuk melengketkan sesuatu pada susuatu. Beberapa informasi yang perlu kiranya kita ketahui dalam item sekrup/screw.
Style dan Type kepala, Sebenarnya kata style dan type mirip-mirip dan terkadang pun saya anggap sama, namun setelah saya membaca artikel yang saya peroleh dan mencoba menalarnya ternyata antara style dan type tersebut berbeda. Style kepala screw, merupakan bentuk dari kepala sekrup tersebut, bila dilihat dari arah samping, maka akan kita dapati variasi yang cukup banyak dari style kepala sekrup tersebut. Berikut saya tampil kan gambarnya,



Sedangkan yang dimaksudkan dengan type kepala sekrup/screw, adalah bentuk driver/obeng yang akan di gunakan untuk melengketkan sekrup tersebut, berikut saya tampilkan gambarnya,




Ukuran panjang , biasanya dikhususkan ke dalam satuan inci, untuk angka pecahan menggunakan satuan inci atau millimeter.
Ukuran diameter, bila pengukuran diameter lebih kecil dari 1/4 inci maka satuan yang digunakan adalah satuan gauge. Khusus untuk diameter denga angka pecahan maka satuannya adalah inci, sedangkan untuk satuan metric dengan angka desimal maka menggunakan satuan milimeter.
Threads Per Inchi (TPI), ukuran ini merupakan jarak antara 2 ulir/thread atau sering disebut juga dengan Pitch. UNC, UNF dan Metric merupakan standararisasi yang biasa digunakan. Untuk mengkonversi dari dari satuan Inci ke millimeter maka digunakan nilai pembagi sebesar 25.4. Contohnya, bila TPI adalah 32 maka bila dikonversikan ke milimeter maka akan diperoleh nilai sebesar 0.793mm.
Material, bahan atau material yang biasa di pakai dalam pembuatan sekrup adalah brass, stainless steel, nylon dll.

Demikian sedikit informasi mengenai item sekrup, semoga ada manfaatnya.

0 komentar:

Posting Komentar